work from home

Dengan semakin meningkatnya angka kasus covid-19, kebijakan Work From Home (WFH) sudah mulai diterapkan oleh sebagian perusahaan. Pemerintah memandang kebijakan ini perlu dilakukan untuk menekan penyebaran Virus Corona di Indonesia. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan bekerja dari rumah karena khawatir tidak bisa bekerja secara produktif sebagaimana saat mereka bekerja dari kantor. Padahal dengan melakukan persiapan yang cukup, bekerja dari rumah bukan hanya bisa tetap produktif tetapi juga lebih menyenangkan. Nah, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan supaya tetap bisa produktif saat bekerja dari rumah.

Menyiapkan To Do List pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor

sebuah agenda dengan berisi to do list

Jika kamu baru akan mulai bekerja dari rumah, maka ada baiknya malam sebelumnya kamu sudah menyiapkan to do list tentang apa saja yang akan kamu kerjakan esok harinya, termasuk pekerjaan rumah seperti mencuci baju atau memasak. Dengan menyiapkan to do list, kamu akan lebih mampu mengatur waktumu, jam berapa harus bangun, pekerjaan rumah apa saja yang perlu kamu kerjakan di pagi hari, kemudian mulai bekerja jam 09:00-17:00 sebagaimana jam kerja kantormu. Jam 17:00-19:00 yang mungkin biasa kamu gunakan untuk perjalanan pulang ke rumah bisa kamu manfaatkan untuk bercengkrama dengan keluarga, melakukan hobi atau olahraga kecil di halaman rumah.

Menyiapkan koneksi internet yang memadai

browsing dengan tablet

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan jika kamu memiliki koneksi internet yang memadai. Mulai dari berkirim email, browsing materi pekerjaan, hingga melakukan meeting lewat video call. Karena itu, sebelum mulai bekerja di rumah, kamu juga harus tahu pekerjaan apa saja yang perlu kamu selesaikan, sehingga kamu dapat menyiapkan terlebih dahulu koneksi internet dengan kecepatan dan kualitas yang dibutuhkan sesuai jenis pekerjaanmu.

Membuat grup chat untuk keperluan koordinasi

whats app on mobile phone

Melakukan koordinasi dengan tim juga bisa kamu lakukan lewat grup chat. Bukan hanya berkirim pesan teks, fitur seperti voice note atau group call dapat kamu manfaatkan untuk memudahkanmu menyampaikan instruksi atau arahan pada anggota tim. Berkirim foto atau dokumen pun dapat kamu lakukan lewat grup chat. Namun pastikan bahwa kamu sudah memiliki nomor kontak semua anggota tim yang perlu berkoordinasi denganmu ya. Dengan begitu, koordinasi via grup chat pun dapat menjadi alternative yang efektif dalam bekerja.

Berikan pengertian pada keluarga dan orang sekitar

happy family

Salah satu tantangan bekerja di rumah adalah kamu perlu menghadapi keluarga atau bahkan tetangga yang tidak paham bahwa kamu sedang bekerja. Berikan pengertian pada mereka bahwa kamu perlu menyelesaikan target pekerjaanmu pada jam tertentu sehingga tak bisa diganggu. Beritahu mereka juga jam berapa kamu akan istirahat dari pekerjaan dan dapat meluangkan waktu untuk mereka.

Bersikap kooperatif dan menjaga komitmen diri sendiri

work from home

Semua hal teknis ataupun perangkat yang kamu siapkan tidak akan ada gunanya jika bekerja dari rumah tidak diawali dari niat di dalam hati. Siapkan alat komunikasi di dekatmu, sehingga kamu dapat lebih kooperatif pada semua rekan kerja yang mengirim chat atau menelepon untuk keperluan koordinasi. Ingatkan selalu diri sendiri, bahwa hari ini kamu berada di rumah untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan, bukan sedang liburan atau sekadar ingin bersantai. Bangun dan tidur tepat waktu pun tetap perlu kamu jalankan, sehingga waktu 24 jam yang kamu miliki dapat kamu manfaatkan semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *