Work From Home atau bekerja #DariRumah kedengarannya memang menyenangkan. Tapi, bagaimana dengan kenyataannya?

Adanya kebijakan Social Distancing dari disebabkannya pandemi virus Covid-19, membuat beberapa perusahaan memberikan fleksibilitas bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Di pagi hari, selama beberapa hari kedepan, mungkin kamu tidak perlu lagi memanaskan kendaraan, merasakan kemacetan, merogoh kocek lebih dalam untuk biaya transportasi, atau bahkan mendengar suara “merdu” klakson saling sahut-sahutan di jam 6 petang.

Terlepas dari hal tersebut, bekerja dari rumah nyatanya bukan perkara mudah untuk dilakukan. Jika tidak bisa mengatur waktu dengan tepat, kamu malah bisa kewalahan, bahkan jam tidur bisa berbalik menjadi jam kerja. Selain itu, tidak adanya rekan kerja di sekitar, membuat suasana menjadi membosankan dan lebih cepat mengantuk. Yuk, simak beberapa cara berikut agar suasana bekerja #DariRumah tetap menyenangkan!

Atur Jam Kerja

Mengatur jam kerja membantu kamu memilah pekerjaan mana yang harus kamu prioritaskan untuk segera diselesaikan, serta membuat kamu tetap produktif meskipun bekerja di rumah. Selain itu, dengan mengatur jam kerja, kamu bisa menentukan kapan harus beristirahat, misalnya untuk makan siang. Seringkali ketika bekerja di rumah, kita merasa terlalu asyik bekerja hingga lupa untuk makan siang karena tidak adanya jam istirahat yang terjadwal seperti di kantor. Perlu diingat, kesehatan adalah modal utama untuk bekerja!

Ciptakan Tempat Kerja Yang Nyaman

Kalau sudah kena kasur godaannya memang berat. Maka dari itu, coba usahakan untuk tidak bekerja di kamar tidur yang malah membuat kamu malas bekerja.  Bekerjalah di sebuah ruangan atau meja khusus supaya tetap bisa fokus dan berkonsentrasi. Ketika bosan cobalah bereksperimen, misalnya seperti mengganti lokasi kerja di berbagai penjuru rumah; di ruang tamu, di teras, di balkon, atau bahkan di toilet. Selain itu, kamu juga dapat mendekorasi tempat kerja, sebagai contoh; menempelkan poster, meletakkan action figure, ataupun memasang pewangi ruangan dengan aroma yang berbeda-beda, sehingga otak kita terpicu untuk berpikir kreatif.

Dengarkan Musik

Suasana di dalam rumah yang sepi seharian memang membosankan. Cobalah memutar musik yang seakan-akan membuat suasana menjadi hidup dan terasa adanya kehadiran teman-teman. Pilihlah musik instrumental atau musik klasik dengan tempo lambat dan menenangkan pikiran. Karena menurut penelitian, dilansir dari www.thehealthy.com bahwa,

“Musik klasik lebih dari sekadar musik yang menyenangkan. Musik klasik sebenarnya bisa membuat kita lebih sehat, membantu kita menjadi lebih cerdas, dan bahkan menjadikan istirahat malam menjadi berkualitas.”

Kekuatan musik klasik membuat kita lebih fokus dan meningkatkan daya ingat serta analisis. Nah, kamu bisa coba sambil mendengarkan Beethoven atau Mozart saat bekerja nih!

Berdiskusi Dengan Rekan Kerja

Walaupun situasi tidak memungkinkan, pastikan komunikasi tetap berjalan lancar. Coba ajak rekan kerja berdiskusi untuk membahas pekerjaan atau mendiskusikan berbagai hal dengan memanfaatkan fitur video call. Dengan begitu kamu tidak merasa bosan sendirian. Ciptakanlah komunikasi yang positif untuk meningkatkan produktivitas kerja.   

Lakukan Sedikit Olahraga Ringan

Dengan bekerja dari rumah, sekarang kamu punya waktu yang lebih banyak. Artinya dengan tidak pergi ke kantor, waktu perjalan kamu untuk pergi atau pulang  kantor dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat. Nah, ini lah saat yang tepat buat ganti waktu kamu yang terpotong untuk berolahraga. Kamu bisa lakukan lari-lari kecil, naik-turun tangga, atau menggerakkan badan dengan panduan video dari Youtube. Lakukan hal ini selama 15 menit di teras rumah agar terpapar sinar di pagi dan juga 15 menit di  sore hari. Selain menghilangkan rasa bosan, berolahraga dijamin bikin kamu sehat! 

Istirahatlah

Gunakan waktu untuk beristirahat setelah melakukan pekerjaan selama beberapa jam. Re-charge kembali diri kamu dengan hal yang membuat kamu lebih baik, seperti berendam di air hangat, menikmati secangkir kopi atau teh, memasak, atau bermain dengan hewan peliharaan untuk mengurangi rasa stres.

Di sisi lain, istirahat bukan hanya tidur saja lho! Di sela-sela pekerjaan kamu bisa melakukan isrirahat yang bermanfaat dengan menyisihkan waktu 10-15 menit untuk mengembangkan pegetahuan, misalnya membaca buku, mengambil kelas online, atau mendownload aplikasi yang mengedukasi di smartphone. Tapi perlu diingat, pekerjaan tetap menjadi prioritas utama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *